JudulPENGARUH PENGGUNAAN ALAT SEDERHANA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP HUKUM NEWTON |
Nama: AUREL LIGANTI BORO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan alat sederhana terhadap penguasaan konsep peserta didik terhadap materi Hukum Newton. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, dengan desain penelitian adalah the non-equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sindue tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah peserta didik 94 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dengan sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Jenis instrumen yang digunakan berupa tes penguasaan konsep, tes dibuat dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 10 nomor. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis dan uji dampak (effect size). Uji hipotesis posttest dengan nilai sig (2-Sided Prob) sebesar 0,026<0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji dampak (effect size) dengan data sebesar 0,57 menunjukkan adanya dampak sedang terhadap pengaruh penggunaan alat sederhana terhadap penguasaan konsep peserta didik pada hukum Newton. |