JudulPENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI SMP NEGERI 1 LAMPASIO KABUPATEN TOLITOLI |
Nama: NURFADILAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi getaran, gelombang dan bunyi di SMP Negeri 1 Lampasio, Kabupaten Tolitoli. Mind mapping merupakan metode pembelajaran inovatif yang memanfaatkan visualisasi untuk membantu peserta didik mengorganisasi informasi secara terstruktur sehingga lebih mudah dipahami dan diingat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan metode mind mapping, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian meliputi soal tes, lembar observasi, serta perangkat pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Analisis data dilakukan menggunakan uji Independent Sample t-test pada data posttest dengan tingkat signifikansi 5% (? = 0,05). Hasil analisis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep peserta didik. |