Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Games Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Katolik St. Andreas Palu
Nama: ANGELA PRISKA WATI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembalajaran berbasis games kahoot dengan menggunakan model PBL. Jenis peneltian yang digunakan pada penelitian ini yaitu merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan Noneequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X SMA Katolik St. Andreas Palu pada semester berjalan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling (sampel acak bertujuan) dengan, sampel yang diambil yaitu kelas X IPA A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelaran PBL berbasis kahoot dan kelas X IPA B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvesional. Istrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes motivasi belajar. Hasil analisis data dengan menggunaan uji t didapatkan bahwa nilai dari t hitung lebih besar dari tabel yaitu 7.09 > 2.03 hal ini menyatakan bahwa H1 diterima . sedangkan skor nilai tes hasil belajar menyatakan bahwa lebih besar kelas eksperimen sebesar 78.68% sedangkan kelas control sebesar 70.56%. hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelas terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran PBL berbasis games kahoot dan pembelajaran kovensional. Kata kunci : problem based learning, games kahoot, hasil belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up