JudulImplementasi Model Ability Grouping Dan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 3 Poso |
Nama: SRI WAHYUNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sri Wahyuni, 2024. ?Implementasi Model Ability Grouping dan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 3 Poso?. Skripsi. Program Studi Penddidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Muslimin , M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model ability grouping dan metode tutor sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 3 Poso. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu merupakan penelitian kuasi eksperimen Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI SMA Negri 3 Poso. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan tekhnik Random sampling (sampel acak) dengan sampel yang diambil yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas Ekeprimen dengan menggunakan model Ability Grouping dan Metode Tutor Sebaya dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct intruction. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes hasil belajar. Nilai ratarata skor post-test kelas ekperimen sebesar 19,39 dan kelas kontrol sebesar 18,22. Analisis data dilakukan dengan tekhnik statistic uji-t dua pihak. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t didapatkan bahwa nilai dari t hitung lebih besar dari t tabel Hal ini ditunjukan sesuai hasil pengujian hipotesis dimana nilai thit = 2,44 ? ttabel = 1,66 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan, dk = 70 sehingga hipotesis dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Abillity Grouping dan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Poso. |