JudulPengembangan Media Pembelajaran Fisika Pada Materi Bunyi Untuk Siswa Tunarungu Di SLB-ABCD Muhammadiyah Palu |
Nama: MISNAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis animasi menggunakan bahasa isyarat yang di kembangkan pada materi bunyi untuk Siswa Tunarungu dan mengetahui respon siswa tunarungu terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis animasi menggunakan bahasa isyarat yang di kembangkan pada materi bunyi. Pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Media pembelajaran yang di kembangkan pada materi bunyi di nyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan aspek materi dalam kategori sangat baik, aspek media dalam kategori baik, dan aspek bahasa isyarat dalam kategori baik. Respon siswa tunarungu terhadap media pembelajaran yang di kembangkan pada materi bunyi yang termasuk dalam kategori setuju. |