JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: HERMIANINGSIH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hermianingsih, (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dengan Pendekatan STEM Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 palu. Program Studi Pendidikan Fisika, Jusurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Nurjannah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Muh. Syarif S. Abdul Syukur, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, STEM, Hasil Belajar Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dengan pendekatan STEM terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 36 orang peserta didik kelas eksperimen dan 36 orang peserta didik kelas kontrol. Skor posttest ranah kognitif untuk kelas ekperimen sebesar 5,5 dan kelas kontrol sebesar 4,7; skor ranah afektif kelas eksperimen sebesar 77,9% termasuk dalam kategori baik dan kelas kontrol sebesar75,5% termasuk dalam kategori baik; dan skor ranah psikomotorik kelas eksperimen sebesar 87,35% termasuk dalam kategori sangat baik dan kelas kontrol sebesar 83,7% termasuk dalam kategori bai. Uji hipotesis posttest dengan nilai sebesar 0,022 < 0,05 maka ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolah dan Ha diterima. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka terdapat perbedaan perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji dampak (effect size) dengan data sebesar 0,54 menunjukkan adanya dampak sedang terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMAN 3 Palu dengan model pembelajaran learning cycle 5E dengan Pendekatan STEM. |