JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN ALAT SAINS SEDERHANA DENGAN ALAT PERAGA BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO MELALUI ALUR PEMBELAJARAN MERRDEKA |
Nama: NURUL HASANAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan alat sains sederhana dengan alat peraga berbasis mikrokontroler arduino uno melalui alur pembelajaran MERRDEKA. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sigi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda. Hasil analisis uji Independent Sample T-Test pada nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001<0,05, maka H1= diterima. Dari perhitungan N-Gain Score, kelas eksperimen 1 sebesar 66,62?ngan kategori cukup efektif sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 76,53?ngan kategori efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan alat sains sederhana dengan alat peraga berbasis mikrokontroler arduino uno melalui alur pembelajaran MERRDEKA. Kata Kunci : Alat Sains Sederhana, Alat Peraga Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno, Alur Pembelajaran MERRDEKA. |