JudulPengaruh Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Di MTs Nahdlatul Khairaat Labuan |
Nama: ISMAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ismawati, 2023. Pengaruh Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa di MTs Nahdlatul Kahiraat Labuan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Jarnawi, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa di MTs Nahdlatul Khairaat Labuan. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain The Non Equivalen, Pretest-Posttest Design. Sampel dari penelitian ini diambil dari 2 kelas VIII MTs Nahdlatul Khairaat Labuan. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan pendekatan STEM dan kelas kontrol diajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Tes keterampilan proses sains yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 77,50 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,88. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh dengan thitung -0,50 dan ttabel 2,00 dengan keputusan H1 diterima karena X2hitung >X2tabel dengan selisih nilai sebesar 1,62. Kemudian pada lembar pengamatan saat praktikum rata-rata presentase sebelum perlakuan dikelas kontrol yaitu 45 % sedangkan setelah perlakuan menjadi 62 %, kemudian rata-rata presentase sebelum perlakuan dikelas eksperimen yaitu 50%, sedangkan setelah perlakuan menjadi 71 %. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan pendekatan STEM dengan melihat adanya peningkatan keterampilan serta ada perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol pada pembelajaran fisika kelas VIII di MTs Nahdlatul Khairaat Labuan. Kata Kunci : Science, Technology, Engineering, and Mathematic, Keterampilan proses sains |