JudulPERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (PjBL-STEM) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SMA NEGERI 1 BALAESANG |
Nama: PUTRI ARYANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan terhadap pemahaman konsep fisika siswa menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM dengan model pembelajaran PjBL di SMA Negeri 1 Balaesang. Jenis penelitian ini berupa eksperimen kuasi dengan desai penelitian the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Balaesang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Hasil analisis uji independent sample t-test diperoleh nilai posttest dengan sig (2-tailed), yaitu sebesar 0,001 < 0> ttabel 1,694. Hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep kelompok siswa yang menggunaka model PjBL-STEM dengan kelompok siswa yang hanya menggunakan model pembelajaran PjBL. Berdasarkan perhitungan N-Gain score, terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang cukup signifikan setelah penggunaan model pembelajaran PjBL-STEM yaitu sebesar 57,75 ?ngan kategori cukup efektif, dan model pembelajaran PjBL yaitu sebesar 49,30 ?ngan kategori kurang efektif. Kata Kunci : Project Based Learning (PjBL), Science, technology, engineering and mathematic (STEM), pemahaman konsep fisika siswa. |