JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IPA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SIGI |
Nama: BULAN PURNAMA INDAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Bulan Purnama Indah, 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi IPA Di Kelas VII SMP Negeri 2 Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) I Wayan Darmadi, S.Si., M.Pd (II) Wahyuni N. Laratu, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada materi IPA di kelas VII SMP Negeri 2 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan desain Non Equivalen Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sigi. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling, dengan sampel penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validitas konstruksi. Tes hasil belajar siswa yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 15,23. Dimana hasil ini lebih tinggi dari pada skor rata-rata kelas kontrol sebesar 13,43. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh t_hitung = 2,14 dan t_tabel = 1,67 pada taraf nyata ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai t_hitung berada pada daerah penolakan H_0 sedangkan H_1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada materi IPA di kelas VII SMP Negeri 2 Sigi. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar |