Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Sigi
Nama: ANNISA ISTIQOMA
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan kartu bergambar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain The Non-Equivalent Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XA dan XD SMA Negeri 6 Sigi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan sampel penelitian kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XD sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda. Hasil analisis uji Independent Sample T-Test pada nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H1 = diterima. Pada perhitungan N-Gain Score, kelas eksperimen sebesar 61,09?ngan kategori cukup efekti sedangkan kelas kontrol sebesar 39,15?ngan kategori tidak efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran konvensional direct instruction dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan kartu bergambar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up