JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI 2 SIGI |
Nama: RISMA DEWI PUSPA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video tutorial terhadap hasil belajar IPA di SMP Negeri 2 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan desain Non equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sigi. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validitas konstruksi. Tes hasil belajar siswa yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 15,03. Dimana hasil ini lebih tinggi dari pada skor rata-rata kelas kontrol sebesar 12,3. Uji hipotesis Uji-t (dua sampel bebas), diperoleh t_hitung = 3,37 dan t_tabel = 2,01 pada taraf nyata ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai t_hitung berada pada daerah penolakan H_0 sedangkan H_1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video tutorial terhadap hasil belajar IPA di SMP Negeri 2 Sigi. |