JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SMAN 5 MODEL PALU |
Nama: MONIKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Monika, 2023. “Analisis Pemahaman Konsep Fisika Dengan Pembelajaran Blended Learning Di Sman 5 Model Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako, pembimbing Dr. Haeruddin, M.Si Penggunaan pembelajaran blended learning dalam pembelajaran fisika diduga akan mempengaruhi pemahaman konsep siswa, sehingga tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana pemahaman konsep peserta didik menerapkan pembelajaran Blended Learningdi masa pandemi covid -19. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian deskriptif yang datanya diperoleh dari fakta-fakta yang ada di lapangan. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMAN 5 Model Palu pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data kualitatif yang diperoleh dari hasil tes essai pemahaman konsep dan wawancara. Berdasarkan hasil data rata-rata yang diperoleh menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran blended learning dari hasil tes pemahaman konsep pada tiga aspek yaitu translasi, interptrestasi dan ekstrapolasi berada pada kategori “baik”. Adapun rata-rata persentase pemahaman konsep pada kategori translasi atau mengilustrasikan senilai 61,7% serta pada kategori interprestasi atau menafsirkan senilai 61,7% memiliki pemahaman konsep yang sama dan masuk dalam kategori pemahaman konsep yang “baik”. Selanjutnya untuk kategori ekstrapolasi atau melihat kelanjutan pada sebuah temuan senilai 88,7%, memiliki pemahaman konsep dalam kategori “sangat baik”. Kata kunci : Pemahaman konsep, Blended learning |