Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING
Nama: RICHARD ALGRISTON P.
Tahun: 2023
Abstrak
Patalo, Richard Algriston, 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Materi Momentum, Impuls dan Tumbukan dengan Model Discovery Learning. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Sahrul Saehana, M.Si., (2) Nurgan Tadeko S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website dengan model discovery learning pada materi fisika momentum, impuls dan tumbukan yang layak secara teoretis dan empiris serta untuk mengetahui kepraktisan dalam penerapan media pembelajaran berbasis website dengan model discovery learning pada materi fisika momentum, impuls dan tumbukan. Pembelajaran yang hanya mengandalkan komunikasi satu arah melalui penjelasan guru dan hanya mengandalkan buku teks dalam proses pembelajaran menyebabkan perlu adanya media pembelajaran yang dapat mengatasi situasi pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan metode penelitian R&D dengan model ADDIE. Ahli materi menilai media pembelajaran meliputi aspek materi terdiri dari keakuratan materi, kemuktahiran materi, dan pendukung materi pembelajaran dengan rata-rata penilaian 3,7 dengan kategori sangat baik dan ahli media menilai media pembelajaran meliputi aspek media terdiri aspek pewarnaan, penggunaan kata dan bahasa, tampilan website, penyajian, animasi dan suara dengan rata-rata penilaian 3,9 dengan kategori sangat baik. Pada implementasi yang melibatkan 25 responden yang merupakan siswa dan guru SMA Negeri 6 Sigi, dosen praktisi, dan teman sebaya, diperoleh hasil bahwa produk media pembelajaran berbasis website dinilai sangat praktis ketika dalam proses pembelajaran dengan skor rata-rata 3,3. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan respon peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website dengan model discovery learning yang dikembangkan layak secara teoretis dan empiris serta praktis dalam penggunaannya. Kata kunci: Media pembelajaran, Website, Discovery learning.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up