JudulPengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 19 Palu Pada Materi Getaran Dan Gelombang |
Nama: HENDY SETIADI ARUNG |
Tahun: 2025 |
Abstrak HENDY SETIADI ARUNG, 2025. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 19 Palu Pada Materi Getaran dan Gelombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Darsikin, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan representasi fisika siswa di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi eksperimen) pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dengan sampel penelitian yang terpilih yaitu kelas C sebagai kelas eksperimen dan kelas A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian, perangkat pembelajaran dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik inferensial dengan sebaran data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian statistik parametrik dengan program SPSS 30 for windows menunjukkan hasil signifikansi Independent Sample Test adalah 0,044 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini diperkuat oleh hasil uji N-gain, dimana kelas eksperimen memperoleh nilai g = 0,67 (kategori sedang) dengan peningkatan sebesar 67,55%, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai g = 0,61 (kategori sedang) dengan peningkatan sebesar 61,93%. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Representasi, Getaran dan Gelombang |