JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TERMODINAMIKA BAGI CALON GURU FISIKA |
Nama: EKARUFIKA H. HIDAYAT |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ekarufika H.Hidayat, 2022. “ Analisis Pemahaman Konsep Termodinamika Bagi Calon Guru Fisika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr.Muslimin M.Si Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Thinking aloud, Termodinamika Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengkaji, mengetahui dan menganalisis pemahaman konsep termodinamika calon guru fisika diprogram studi pendidikan fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan fisika universitas tadulako. Responden pada penelitian ini sebanyak 3 orang. Instrumen yang digunakan yaitu 3 nomor soal essay termodinamika disertai dengan thinking aloud untuk mengetahui pemahaman dari responden. Pada penelitian ini materi termodinamika dibatasi hanya pada hukum 1 termodinamika . Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh rata-rata skor pemahaman konsep 8,34. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep mahasiswa pada materi termodinamika masih tergolong rendah. Mahasiswa masih salah dalam membaca grafik proses-proses termodinamika. |