JudulPengaruh Modul Kontekstual Materi Gelombang Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Sigi Kelas XI |
Nama: HARIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul kontekstual materi gelombang terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sigi kelas XI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sigi, sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes berupa pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 27,19 dan kelas kontrol yaitu 25,92 sedangkan skor rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 79,73 dan kelas kontrol yaitu 74.66. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji independent simples t-test dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,039 hal tersebut berarti, nilai Sig(2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima hal ini menunjukkan adanya pengaruh modul kontekstual materi gelombang terhdap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sigi kelas XI. |