JudulAnalisis Kompetensi Profesional Guru IPA Berdasarkan Pengalaman Mengajar IPA Terpadu Di SMP Sekecamatan Sarudu |
Nama: KURNIAWAN WIJAYA P. |
Tahun: 2022 |
Abstrak Pasolon, K.W, 2022. “Analisis kompetensi profesional guru IPA berdasarkan pengalaman mengajar IPA Terpadu di SMP sekecamatan Sarudu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Strata Satu, Universitas Tadulako. Pembimbing Gustina, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru IPA berdasarkan pengalaman mengajar IPA Terpadu di SMP sekecamatan Sarudu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah 6 orang guru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pengalaman mengajar guru dalam pembelajaran IPA Terpadu, dengan rincian yaitu 2 orang berpengalaman rendah, 2 orang berpengalaman sedang dan 2 orang berpengalaman tinggi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap guru IPA sesuai dengan pengalaman mengajar yakni guru dengan pengalaman mengajar rendah (<6>10 tahun) diperoleh rata-rata persentase sebesar 84,80?ngan kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Kompetensi profesional guru, Guru IPA Terpadu, Pengalaman mengajar |