Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIdentifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Diagnostic Test Four-Tier Multiple Choice Pada Konsep Energi Di Kelas VIII SMP Negeri Di Kota Palu
Nama: AZIM
Tahun: 2023
Abstrak
Azim, 2023. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Diagnostic Test Four-Tier Multiple Choice Pada Konsep Energi Di Kelas VIII SMP Negeri Di Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikassi miskonsepsi siswa menggunakan diagnostic test four-tier multiple choice pada konsep energi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 96 orang siswa dari kelas VIII SMPN 1 Palu, SMPN 2 Palu, dan SMPN 4 Palu. Penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling area yaitu dengan mengambil responden yang mengalami miskonsepsi tertinggi sebanyak 6 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMP Negeri di Kota Palu dengan kriteria miskonsepsi rendah, yaitu pada angka 28%, terkait miskonsepsi pada sub konsep hubungan energi dikehidupan seharihari sebesar 32%, miskonsepsi pada sub konsep energi kinetik dan energi potensial sebesar 21?n miskonsepsi pada sub konsep hubungan energi kinetik dan energi potensial sebesar 34%. Adapun hasil identifikasi menunjukan bahwa 41 orang siswa mengalami miskonsepsi, hal ini menunjukan bahwa siswa SMP di Kota Palu telah memahami dengan baik konsep energi sehingga hasil yang dicapai pada kriteria miskonsepsi yaitu rendah. Kata kunci: Identifikasi, Miskonsepsi, Four-Tier, Energi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up