JudulKETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA BERDASARKAN GENDER DAN USIA |
Nama: FIFI INDAR FARAWANSYAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak FARAWANSYAH, FIFI INDAR. 2022. “Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Gender Dan Usia”. Skripsi . Program studi pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Jarnawi, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah fisika berdasarkan gender dan usia. Jenis penilitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA1 dan siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Sigi yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2021/2022 berjumlah 41 siswa. Pemilihan responden dilakukan setelah pengambilan nilai dari tes esay, kemudian dilakukan standar deviasi untuk mengetahui tingkat kategori tinggi,sedang,dan rendah. Diperoleh 20 siswa dari kelas X MIA 1 dan 20 siswa dari kelas XI MIA 1. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data dengan cara memeriksa hasil jawaban pada tes kemudian penyederhanaan hasil wawancara dengan responden, dan penyajian data dari hasil pekerjaan responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah fisika, siswa perempuan lebih baik di bandingkan siswa laki-laki. Kemudian pada tingkat keterampilan berpikir kreatif berdasarkan usia, siswa usia 15 tahun dan siswa usia 16 tahun tahun tidak begitu memiliki perbedaan. Sedangkan pada pemecahan masalah siswa dengan usia 15 tahun memiliki tingkat tahapan pemecahan masalah yang cukup baik dibandingkan siswa dengan usia 16 tahun. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah Fisika, Gender, Dan Usia |