JudulPENGARUH MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 TINOMBO SELATAN |
Nama: ROHANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile learning menggunakan model pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Tinombo Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAN 1 Tinombo selatan, sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes berupa pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol 61.2 dan 61 sedangkan untuk skor rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 83.6 dan 78.5. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji t terhadap data posttest diperoleh thitung 2.44 dan ttabel 2.00 hal ini menunjukkan adanya pengaruh mobile learning menggunakan model pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di SMAN 1 Tinombo Selatan. Kata kunci : Media mobile learning, Model PAIKEM, Hasil belajar |