Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Hukum Newton Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota
Nama: SELFINA M. SULAEMAN
Tahun: 2022
Abstrak
Selfina M. Sulaeman, 2022. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Hukum Newton Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Drs, Syamsu M.Si, Kata Kunci : Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Hukum Newton Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model discovery learning berbantuan alat peraga sederhana terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest goup design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 29 orang. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kritis serta lembar observasi yang telah divalidasi oleh validator. Saat sebelum diberikannya perlakuan model discovery learning berbantuan alat peraga sederhana hasil yang didapatkan masih sangat rendah pada kelas kontrol dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan alat peraga sederhana maka hasil keterampilan berpikir kritis siswa meningkat pada kelas eksperimen Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis pada posttest kelas eksperimen sebesar dengan standar deviasi dan untuk kelas kontrol sebesar dengan standar deviasi sebesar . Hasil pengujian statistik uji beda 2 rerata (Uji-T) didapatkan harga , ????h???????????????????? (0,86) ? ???????????????????????? (1,67) sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan alat peraga sederhana pada hukum newton terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota Kata kunci : Model Discovery Learning, Alat Peraga Sederhana, Hukum Newton, Keterampilan berpikir kritis

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up