JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERBANTUAN PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY (PhET) INTERACTIVE SIMULATION PADA MATERI FLUIDA STATIS |
Nama: SERINA FEBRILIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Febrilia, Serina, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Berbantuan Physics Education Techolghy (Phet) Interactive Simulation pada Materi Fluida Statis. Skripsi. Program studi pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Nurjannah, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada materi fluida statis dengan menerapkan model pembelajaran berbasis pengalaman dengan bantuan Physics Education Technology (PhET). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen dan menggunakan model nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik non random sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 33 orang dan XI IPA 4 yang berjumlah 32 orang. Siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran berbasis pengalaman berbantuan simulasi interaktif PhET, sedangkan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Skor rata-rata pretest pada kelas ekseprimen 48,13 dan kelas kontrol 44,0. Skor rata-rata posttest pada kelas eksperimen 80,19 dan kelas kontrol 73,65 dari skor ideal 100. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai t_hitung = 3,04 > t_tabel =1,99. Hal ini menunjukkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelas yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran berbasis pengalaman dengan bantuan media PhET interactive simulation dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Uji dampak (effect size) diperoleh sebesar 0,70 masuk dalam kategori sedang. Hasil uji N-gain diperoleh nilai rerata peningkatan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen senilai 61,80% kategori sedang dan kelas kontrol senilai 52,94% kategori sedang. Kata kunci: Pembelajaran berbasis pengalaman, Pemahaman konsep, PhET, Fluida statis. |