JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP VEKTOR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SINDUE TOBATA |
Nama: WINALDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTARK Winalda, 2024. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Vektor Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Progra Strata Satu Universitas Tadulako, Pembimbing Dr Darsikin M.Si Penelitian ini Bertujuan Untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep vektor ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada siswa kelas X SMAN 1 Sindue Tobata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian diperoleh melalui angket gaya belajar, Tes kemampuan pemahaman Konsep vektor dan wawancara. Angket gaya belajar Terdiri dari 27 butir pertanyaan dan Tes kemampuan pemahaman Konsep vektor Terdiri atas 5 butir soal dilanjutkan dengan wawancara pada 9 orang subjek yang terpilih. 3 orang dengan tipe gaya belajar Visual, 3 orang dengan tipe gaya belajar Auditorial, 3 orang dengan Tie gaya belajar Kinestetik. Hasil penelitian menunjukan kemampuan Pemahaman konsep vektor siswa dapat ditinjau dari gaya belajar yang dominan. Kemampuan pemahaman konsep vektor untuk tipe gaya belajar visual diperoleh 3 kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah, Kemampuan pemahaman konsep vektor untuk tipe gaya belajar Auditorial diperoleh 3 kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah, Kemampuan pemahaman konsep vektor untuk tipe gaya belajar kinestetik diperoleh 3 kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah yang akan paparkan berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep, yang diantranya adalah kemampuan melukiskan materi vektor dari berbagai makna metode grafis, kemampuan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, kemampuan menyajikan mengunakan dan memilih prosedur operasi tertentu Kata kunci : Analisis, Kemampuan pemahaman konsep vektor, gaya belajar |