JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK SMP KELAS VIII KABUPATEN TOLITOLI |
Nama: HAFIDZA AZAHRA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Azahra Hafidza, 2003. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Pada Materi Gelombang Bunyi Untuk SMP Kelas VIII Kabupaten Tolitoli. Skripsi. Program studi pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc. Penbelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada materi gelombang bunyi di SMP Kelas VIII Kabupaten Tolitoli dengan menggunakan four-tier diagnostic test. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 60 orang siswa dari kelas VIII SMP Negeri 2 Tolitoli, SMP Negeri 5 Tolitoli, dan SMP Negeri 8 Tolitoli. Penentuan responden menggunakan Teknik purposive sampling yaitu dengan mengambil responden yang mengalami miskonsepsi tertinggi sebanyak 10 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Tolitoli dengan kriteria miskonsepsi rendah yaitu pada angka 27%, Adapun hasil identifikasi menunjukan bahwa siswa SMP Negeri di Tolitoli telah memahami dengan baik konsep gelombang bunyi sehingga hasil yang dicapai yaitu padab kriteria miskonsepsi yaitu rendah. Kata kunci: Identifikasi, Miskonsepsi, Four Tier Diagnostic Test, Gelombang bunyi |