| JudulAnalisis Pembelajaran Fisika Secara Inklusif Di Kelas X-L SMA Negeri 4 Palu |
| Nama: MA'RIFAH ARWAN |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran fisika secara inklusif di kelas X-L SMA Negeri 4 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari guru fisika, tiga siswa berkebutuhan khusus (dua slow learner dan satu monokular vision), serta enam siswa tanpa kebutuhan khusus di kelas X-L. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika telah mengikuti prinsip inklusif pada aspek perencanaan, metode, materi, keterlibatan siswa, interaksi sosial, sarana prasarana, aksesibilitas, dan penilaian yang memberi kesempatan setara bagi siswa berkebutuhan khusus maupun siswa tanpa kebutuhan khusus. Penerapan pebelajaran fisika secara inklusif belum sepenuhnya menyesuaikan dengan karakteristik individu siswa. |