JudulPengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bolano |
Nama: FANI LUTFIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Fani Lutfiani, 2025. “Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA NEGERI 1 Bolano”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing: Dr. Nurjannah, S.Pd., M.PdPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merode eksperimen terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bolano. Jenis penelitian ini menggunakan desain the non-equivalen control grup design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang masing-masing berjumlsh 38 orang siswa. Siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode eksperimen sedangkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis dan uji dampak (effect size). Hasil pengujian hipotesis bahwa nilai thitung = 5,35 > ttabel = 21,99 atau H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bolano.Kata kunci: Metode Eksperimen, Pemahaman Konsep. |