JudulIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER Di SMP Negeri 2 TINOMBO |
Nama: FEBRYANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep peserta didik menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tinombo. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan responden sebanyak 6 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes diagnostik four-tier sebanyak 10 nomor. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh persentase rata-rata tidak paham konsep sebesar 17,2%, miskonsepsi sebesar 38,8?n paham konsep sebesar 44%. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik masih termasuk dalam kriteria sedang. Kebanyakan peserta didik mengalami miskonsepsi dan tidak paham konsep. Penyebab kurangnya pemahaman konsep peserta didik yaitu dari pemahaman peserta didik itu sendiri. Sebab lainya yaitu kurangnya tingkat keaktifan peserta didik dalam mengikuti arahan pembelajaran sesuai dengan model problem based learning. Kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan model problem based learning sudah cukup baik. |