Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON
Nama: FARADIBA ABD.AZIS
Tahun: 2022
Abstrak
Faradiba Abs.Azis, 2022. Pengaruhn Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Hukum Newton. Skripsi. Program studi pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Supriyatman, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhn model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap literasi sains siswa pada materi hukum newton. Jenis penelitian ini menggunakan desain non-equivalen control class. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling, karena kelompok-kelompok ini memiliki kemampuan yang sama. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A dan VIII C yang masing-masing berjumlsh 29 orang siswa. Siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran iproblem based learning (PBL) sedangkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Skor rata-rata pretest pada kelas eksperimen 7,13 dan kelas konreol 6,48. Skor rata-rata postest pada kelas eksperimen 14,55 dan kelas konrol 10,65. Hasil pengujian hipotesis bahwa nilai thitung = 4,87 > ttabel = 2,80 atau H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap literasi sains siswa pada materi hukum newton, khususnya di SMP Negeri 2 Galang. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Literasi Sains, Hukum Newton

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up