JudulAnalisis Kesadaran Lingkungan Siswa SMP Negeri 1 Tanantovea Kelas VII Terhadap Perubahan Iklim |
Nama: DESILINA MERIBA SANGGONA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Desilina Meriba Sanggona, 2023. “Analisis Kesadaran Lingkungan Siswa SMP Negeri 1 Tanantovea Kelas VII Terhadap Perubahan Iklim”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Program Strata Satu Universitas Tadulako. Pembimbing I Wayan Darmadi, S.Si., M.Pd, Dr. Nurasyah Dewi Napitupulu, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran lingkungan siswa SMPN 1 Tanantovea kelas VII terhadap perubahan iklim. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan instrumen lemabar observasi, soal tes dan kusioner yang diberikan kepada siswa SMPN 1 Tanantovea kelas VII. Instrumen dirancang untuk mengumpulkan data tentang tingkah laku, pegetahuan serta sikap terhadap perubahan iklim. Sampel penelitian yaitu siswa SMPN 1 Tanantovea kelas VII yang sebelumnya telah menerima pembelajaran di kelas terkait materi perubahan iklim. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesadaran lingkungan siswa SMPN 1 Tanantovea kelas VII terhadap perubahan iklim. Analisis data menunjukkan bahwa persentase rata-rata tingkah laku ekologis siswa 61% kontra-lingkungan dan 39% pro-lingkungan, persentase pengetahuan lingkungan kategori tinggi dan rendah sama-sama 35?n kategori sedang 30%, sedangkan persentase sikap ekologis berdasarkan aspek yang dinilai yaitu aspek kepekaan 50,1%, aspek tanggung jawab 55,4?n aspek kerja sama 52,7% tergolong kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran lingkungan siswa SMPN 1 Tanantovea cenderung rendah dalam hal perilaku, sementara pengetahuan dan sikap mereka tergolong sedang. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun siswa memiliki pemahaman dasar tentang isu lingkungan dan sikap positif terhadapnya,implementasi nyata dalam tindakan keseharian masih rendah. Perlu adanya upaya lebih lanjut untuk meningkatkan tingkat kesadaran lingkungan dan mendorong perubahan perilaku yang lebih berkelanjutan pada siswa. |