JudulPENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUAN LAB VIRTUAL PHET DAN PLATFORM ONLINE GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TORUE DI KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: I MADE DONI ARTAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Artawan, 2022. Pengaruh Blended Learning berbantuan Lab. Virtual PhET dan Platform Online Google Classroom terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Torue di Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Syamsu. Kata Kunci : Blended Learning, Lab. Virtual PhET, Platform Online Google Classroom, Hasil Belajar Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh blended learning berbantuan lab. virtual PhET dan platform online google classroom terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Torue di Kabupaten Parigi Moutong dengan cara mengolah data hasil pretest-posttest siswa mengunakan uji N-gain dan dikombinasikan dengan menguji signifikansi perbedaan hasil belajar fisika siswa antara kelas eksperimen yang diberikan perlakukan blended learning berbantuan lab virtual PhET dan platform online google classroom. Sementara, kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen dengan desain “Nonequivalent Control Group Design” dengan kelas eksperimen (X MIPA 3) dan kontrol (X MIPA 4) yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil olah data dari skor ideal 20 diperoleh rerata skor pretest kelas eksperimen adalah 6,63 dengan standar deviasi 2,73. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor pretest adalah 6,56 dari skor ideal 20 dengan standar deviasi 2,76. Untuk rerata skor posttest kelas eksperimen adalah 16,69 dari skor ideal 20 dengan standar deviasi 2,93. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor posttest adalah 12,25 dari skor ideal 20 dengan standar deviasi 2,86. Hasil uji N-gain diperoleh nilai rerata peningkatan hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen senilai 75,25?n kelas kontrol senilai 42,33%. Berdasarkan hasil uji hipotesis awal dan uji hipotesis akhir menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil uji hipotesis awal yaitu t_hitung=0,10 dan t_tabel=1,99. Hal ini menunjukan bahwa t_hitung berada pada daerah Ho. Kemudian uji hipotesis akhir diperoleh nilai hasil t_hitung=6,34 dan t_tabel=1,99. Hal ini menunjukan bahwa t_hitung berada pada daerah penolakan Ho. Sehingga berdasarkan hasil uji hipotesis awal dan uji hipotesis akhir serta dihubungkan dengan uji N-gain. Hal ini menunjukan adanya pengaruh blended learning berbantuan lab. virtual PhET dan platform online google classroom terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Torue di Kabupaten Parigi Moutong sebelum dan sesudah diterapkan blended learning berbantuan lab. virtual PhET dan platform online google classroom. |