Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU
Nama: SATRIANTI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian The Non-equivalent Control Grup Design. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII A (n=26) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B (n=26) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar fisika. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh skor rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 65,38, sedangkan kelas kontrol sebesar 50,38. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan analisis Independent Samples Test diperoleh nilai 0,00. Karena nilai sig. ttest (0,00 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang menggunaka model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Hal ini diperkuat oleh hasil uji N-gain kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) memperoleh nilai g = 0,50 dengan kategori sedang, sedang kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh nilai g = 0,30 dengan kategori rsedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournemant (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up