JudulEfektivitas Modul Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP Kelas VIII |
Nama: HASWANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemahaman konsep fisika siswa SMPN 2 Bungku Pesisir Satu Atap kelas VIII menggunakan modul fisika dalam pembelajaran pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan the pre test – post test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Bungku Pesisir Satu Atap. Teknik sampling yang digunakan sampling total dengan sampel penelitian kelas VIII A (n=21) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B (n=21) sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan persentase pemahaman konsep pesawat sederhana pada pre-test adalah 37,62 untuk kelas eksperimen, dan sebesar 42,86 untuk kelas kontrol. Pada posttest diperoleh persentase pemahaman konsep pesawat sederhana pada kelas eksperimen 77.38 dan kelas kontrol 73.10. Berdasarkan analisis N-Gain diperoleh sig. = 0,000< 0,05 menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep siswa menggunakan Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 untuk jenjang SMP Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII pada materi pesawat sederhana. Efektivitas modul pembelajaran terhadap pemahaman konsep pesawat sederhana siswa ditunjukkan dengan nilai N-Gain sebesar 60% pada kelas eksperimen dengan kategori sedang. Efektivitas modul diperkuat dengan skor respon siswa terhadap modul pembelajaran sebesar 91.29%. dengan kategori sangat baik. |