Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM.
Nama: UTARI FARADISA
Tahun: 2025
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi perubahan iklim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre- eksperimental (single group design). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP LPPKD Tolongano, dengan 26 sampel yang terpilih. Instrumen yang digunakan yaitu TDT (Two-Tier Diagnostic Test) Perubahan klim dan angket respon Video Pembelajaran Kontekstual. Analisis data menggunakan uji hipotesis deskriptif dengan sebaran data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian statistik parametrik dengan program SPSS 22 for windows menunjukkan nilai signifikansi Paired Sample t-test adalah 0,00 < 0,05 sehingga ditolak H1 diterima. Pada penelitian pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 45,016 pada taraf signifikan ? = 0,05 diperoleh ttabel = 1,71088, hal ini juga menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa ada pengaruh video pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP LPPKD Tolongano pada materi perubahan iklim. Hasil analisis respon angket oleh 26 sampel pada aspek pengenalan video pembelajaran dan motivasi belajar diperoleh persentase 97,5% yang termasuk dalam kategori sangat setuju. Sehingga, diketahui bahwa penggunaan video pembelajaran kontekstual sebagai media yang digunakan saat proses pembelajaran sangatlah berpengaruh dan menambah motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Video Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah, Perubahan Iklim.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up