JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI MA AL IZZAH AL AS’ADIYAH TOLAI |
Nama: SUKMA RANIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sukma Rania, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided inquiry) berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di MA Al Izzah Al As’adiyah Tolai. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Gustina, S.Pd,. M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided inquiry) berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MA Al izzah Al as’adiyah Tolai. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan The equivalen preetest-postest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al izzah Al As’adiyah Tolai. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel penelitian kelas X B (n=29) sebagai kelas eksperimen dan kelas X C (n=29) sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data, diperoleh rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 20,81 dari skor maksimal sebesar 25,00 dan kelas kontrol sebesar 17,88 dari skor maksimal sebesar 22,00 . Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak. Hasil analisis diperoleh nilai thitung = 3,70. Nilai ttabel = t (0,05)(56) = 1,67 pada taraf nyata = 0,05. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan dengan demikian diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided inquiry) berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar fisika Siswa kelas X di MA Al Izzah Al As’adiyah Tolai. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif, dan Hasil Belajar Fisika |