JudulIdentifikasi Level Penalaran Siswa SMK Pada Materi Fluida Statis |
Nama: ELI RAHMAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Abstrak Rahmawati Eli, 2022. Identifikasi Level Penalaran Siswa SMK pada Materi Fluida Statis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Muslimin, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level penalaran siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas X SMK Muhammadiyah Parigi Tengah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pemberian tes. Instrumen soal yang digunakan terdiri dari 10 butir soal diagnostik berbentuk four tier. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pola penalaran untuk kategori formal hasil persentase sebesar 3,3%; transisi sebesar 76,7%; dan konkret sebesar 20,0%. level penalaran siswa berdasarkan tingkat kognitif diperoleh hasil mengevaluasi (C5) sebesar 20,0%; menganalisis (C4) sebesar 33,3%; menerapkan (C3) sebesar 43,4%;. Berdasarkan persentase tersebut, diketahui bahwa pola penalaran tertinggi yang dimiliki siswa adalah menerapkan (C3) sebesar 43,4?n terendah adalah Mengevaluasi (C5) sebesar 20,0%. Kata Kunci : Identifikasi, Level Penalaran, Fluida Statis |