JudulPengembangan E-Poster Sebagai Media Pembelajaran Momentum Dan Impuls |
Nama: MIFTAHUL JANNAH FIRDAUS |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Firdaus, Miftahul Jannah, 2023. Pengembangan e-Poster sebagai Media Pembelajaran Momentum dan Impuls, Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Sahrul Saehana, M.Si., Pembimbing (2) Syamsuriwal, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas, kelayakan dan keefektifan penggunaan e-Poster sebagai media pembelajaran momentum dan impuls serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap sebagai media pembelajaran pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model Borg and Gall. Berdasarkan validasi ahli materi menunjukkan skor rata-rata 3,52 dengan kategori “Sangat Baik”, validasi ahli media menunjukkan skor 3,54 dengan kategori “Sangat Baik”, dan penilaian guru matapelajaran fisika melalui angket validasi subtansi materi dan subtansi media. Skor rata-rata keseluruhan aspek materi sebesar 3,97 dengan kategori penilaian yaitu “Sangat Baik” dan persentase kelayakan 99,25%. Skor rata-rata keseluruhan aspek media yaitu sebesar 3,97 dengan kategori penilaian yaitu “Sangat Baik” dan persentase kelayakan 99,39%. Selain itu media pembelajaran e-Poster yang dikembangkan memiliki keefektifan yang diukur dari peningkatan hasil belajar peserta didik yang menunjukkan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,40 dengan kategori “Sedang”. Analisis respon tanggapan peserta didik menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,47 dan termasuk dalam kategori “Sangat Setuju”, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Kata Kunci: Media Pembelajaran, e-Poster, Borg and Gall. ? |