JudulAnalisis Miskonsepsi Menggunakan Multiple Misconception Revealing Test (MMRT) Dan Remedial Teaching Pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik |
Nama: YULI ASTRIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi rangkaian listrik menggunakan Multiple Misconception Revealing Test (MMRT), dan mengurangi miskonsepsi siswa melalui remedial teaching pada materi rangkaian listrik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran (mixed method) dengan desain embedded experimental model. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Pasangkayu berjumlah 23 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan responden sebanyak 6 orang. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes diagnostik Multiple Misconception Revealing Test (MMRT) sebanyak 5 nomor dan wawancara. Hasil pretest menunjukkan persentase miskonsepsi tipe 1 sebesar 27,83%, miskonsepsi tipe 2 sebesar 14,78%, dan miskonsepsi tipe 3 sebesar 9,57%. Setelah dilakukan remedial teaching, hasil posttest menunjukkan persentase miskonsepsi tipe 1 sebesar 4,35%, miskonsepsi tipe 2 sebesar 6,09%, dan miskonsepsi tipe 3 sebesar 6,96%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa miskonsepsi siswa pada materi rangkaian listrik termasuk kategori sedang. Setelah dilakukan remedial teaching, miskonsepsi tersebut mengalami penurunan. Hal ini memperlihatkan bahwa pemberian remedial teaching dapat digunakan untuk mengatasi miskonsepsi siswa. Kata Kunci: Miskonsepsi, Multiple Misconception Revealing Test (MMRT), Remedial Teaching, Rangkaian Listrik |