JudulPengembangan Video Pembelajaran Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Membantu Siswa Dengan Keterbatasan Pendengaran (Tunarunungu) |
Nama: HASNIA MUING |
Tahun: 2022 |
Abstrak Muing, Hasnia. 2022. Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Pesawat Sederhana untuk Membantu Siswa dengan Keterbatasan Pendengaran (Tunarungu). Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing Dr. Sahrul Saehana, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran menggunakan bahasa isyarat yang dikembangkan dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan video pembelajaran menggunakan bahasa isyarat yang dikembangkan pada materi pesawat sederhana untuk membantu siswa tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model Brog and Gall. Video pembelajaran yang dikembangkan pada materi pesawat sederhana dinyatakan layak untuk membantu siswa tunarungu dengan aspek materi dalam kategori baik, aspek media dalam kategori baik, dan aspek bahasa isyarat dalam kategori sangat baik. Respon siswa tunarungu terhadap video pembelajaran yang dikembangkan pada materi pesawat sederhana termasuk dalam kategori sangat baik. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Bahasa Isyarat, Pesawat Sederhana, Tunarungu |