JudulAnalisis Kompetensi Literasi Dan Numerasi Siswa SMA Negeri 4 Palu |
Nama: YUNIAS REWALINO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi literasi dan numerasi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas XI G SMA Negeri 4 Palu dengan jumlah 30 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Soal yang digunakan sebanyak 17 soal tes literasi dan 19 soal tes numerasi berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan siswa memiliki kemampuan yang bervariasi. Tingkat kompetensi literasi siswa berada pada kategori cakap dengan rata-rata 46% siswa telah menjawab benar. Kompetensi literasi siswa berada pada kategori perlu intervensi khusus sebanyak 2 orang, kategori dasar sebanyak 12 orang, kategori cakap sebanyak 14 orang, dan kategori mahir sebanyak 2 orang. Secara keseluruhan siswa memiliki kemampuan yang cukup baik pada level kognitif mengevaluasi dan merefleksi berada pada kategori mahir dengan presentase 77,78%, level kognitif memahami berada pada kategori cakap dengan presentase 58,73?n level kognitif menemukan informasi berada pada kategori dasar dengan presentase 35,69%. Adapun kompetensi numerasi siswa berada pada kategori perlu intervensi khusus dengan rata-rata 77% siswa menjawab salah. Secara keseluruhan kompetensi numerasi siswa masih sangat kurang pada level kognitif knowing berada pada kategori intervensi khusus dengan presentase 7,44%, level kognitif applying berada pada kategori intervensi khusus dengan presentase 23,7%, dan level kognitif reasoning berada dalam kategori intervensi khusus dengan presentase 14,4%. Sehingga dapat disimpulkan kompetensi literasi siswa cukup baik. Namun, kompetensi numerasi masih sangat kurang sehingga masih diperlukan tindakan lebih lanjut dalam mengasah kemampuan siswa terutama dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa dalam pembelajaran fisika. Kata kunci: Literasi, Numerasi, AKM |