JudulSTRUKTUR METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH DUA KONTEKS FISIKA |
Nama: KHAIRUNNISA H JUSUF |
Tahun: 2023 |
Abstrak H. JUSUF, KHAIRUNNISA. 2023. “Struktur Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Dua Konteks Fisika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Prof. Dr. Jusman Mansyur, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa dalam pemecahan masalah pada dua konteks fisika yaitu materi fluida statis dan kalor. Subjek penelitian ini terdiri dari 25 orang siswa kelas XI pada salah satu SMA di kota Palu. Dari subjek tersebut dipilih 6 orang siswa sebagai responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana 2 responden mewakili kategori tinggi, 2 responden mewakili kategori sedang, dan 2 responden mewakili kategori rendah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes esai pemecahan masalah pada dua konteks fisika yaitu materi fluida statis dan kalor, thinking aloud, serta wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa siswa kategori tinggi memunculkan aspek dari ketiga komponen metakognisi yaitu awareness, evaluation dan regulation. Siswa kategori sedang memunculkan aspek dari komponen metakognisi awareness dan sesekali memunculkan aspek dari komponen metakognisi evaluation pada soal yang dianggap sulit. Siswa dengan kategori rendah hanya dapat memunculkan aspek dari metakognisi evaluation dengan menyadari keterbatasan dari kemampuan diri sendiri. Berdasarkan hal tersebut, terpantau aspek dari komponen metakognisi evaluation adalah aspek yang selalu ada pada seluruh kategori siswa dan hal ini juga berlaku untuk dua konteks materi fisika. Kemampuan penguasaan materi pembelajaran mempengaruhi pemecahan masalah yang erat kaitannya dengan perilaku metakognisi. Kata Kunci: Metakognisi, Pemecahan Masalah, Fluida Statis, Kalor |