JudulANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST |
Nama: NURFITRA MALIADA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana miskonsepsi yang dialami peserta didik pada mata pelajaran fisika pada materi usaha dan energi di kelas VIII SMP Negeri 1 Banggai Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banggai Salatan sebanyak 20 siswa dan dipilih 6 responden dengan kategori tinggi, sedang dan rendah dengan menggunakan instrument tes diagnostic berformat three tier. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata miskonsepsi pada materi usaha dan energi pada peserta didik kelas VIII adalah digolongkan dalam kategori tinggi karena jumlah persentase yang diperoleh > 61% yaitu sebesar 71 % sehingga Sebagian besar peserta didik mengalami miskonsepsi. Penyebab miskonsepsi yang dialami peserta didik yaitu diantaranya dari peserta didik itu sendiri karena kurangnnya kemampuan peserta didik dalam memahami materi, penyebab lainnya yaitu dari pengajar dan kurangnya minat serta antusia belajar peserta didik untuk mengikuti pembelajaran fisika |