JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOVISUAL POWTOON DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 PALU |
Nama: RINI OKTAVIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Rini Oktavia, 2021. Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual Powtoon dalam Model Pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar fisika siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Palu. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Drs. Syamsu, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual Powtoon dalam Model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Palu Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Palu. Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel penelitian kelas VIII A (n=32) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B (n=33) sebagai kelas kontrol. Hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor post-test kelas eksperimen sebesar 15.25 dan kelas kontrol sebesar 13.53 dari skor ideal 20,00. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak. Hasil analisis diperoleh nilai thitung = 2.55. Nilai ttabel= t(0,05)(63) = 2.00 pada taraf nyata ? = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = 32 + 33 -2 = 63. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0 sehingga H1 diterima. Hasil analisa data bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual Powtoon dalam model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar fisika siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Palu. Kata Kunci : Powtoon, Audiovisual, Media Pembelajaran. |