Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA STATIS PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 TINOMBO SELATAN
Nama: NANI TENDRIANI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fluida statis pada siswa kelas XI SMAN 1 Tinombo Selatan tahun ajaran 2021/2022 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan simulasi PhET. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan equivalen prestest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Tinombo Selatan. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan sampel penelitian kelas XI IPA 1 (n=18) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 (n=18) sebagai kelas kontrol. Hasil pengelolahan data diperoleh rerata skor posstest kelas eksperimen sebesar 20,28 dan kelas kontrol 17,27. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak bahwa thitung > ttabel = 2,04>3,21 pada taraf nyata = 0,05. Dengan demikian nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0 sehingga H1 diterima. Hasil analisis data bahwa ada peningkatan pemahaman konsep fluida statis pada siswa kelas XI SMAN 1 Tinombo Selatan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up