Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESULITAN BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI MTs NEGERI MOROWALI
Nama: ULFA USWATUNNISA B
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik pada materi pemanasan global di MTs Negeri Morowali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan responden merupakan peserta didik yang mengalami miskonsepsi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik MTs Negeri Morowali kelas VIII A dan VIII B tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 39 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep dengan format Four-Tier Diagnostic Test yang terdiri dari 13 soal pilihan ganda dan kuesioner faktor-faktor kesulitan belajar terdiri dari 21 pertannyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar dipengaruhi faktor internal sebesar 6,84?n faktor eksternal sebesar 10,02%. Faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik pada kriteria kesulitan belajar sangat tinggi sebesar 6,25%, tinggi sebesar 6,42% , dan sedang sebesar 6,38?alah faktor motivasi. Pada faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik adalah faktor lingkungan sekolah pada kriteria kesulitan belajar sangat tinggi sebesar 16,5%, tinggi sebesar 17,63% , dan sedang sebesar 17,75%. Lingkungan keluarga pada kriteria kesulitan belajar sangat tinggi sebesar 10,25%, tinggi sebesar 10,05% , sedang sebesar 10,06?n lingkungan masyarakat pada kriteria kesulitan belajar sangat tinggi sebesar 2,75%, tinggi sebesar 2,53% , dan sedang sebesar 2,63%. Diharapkan penelitian tentang faktor kesehatan dan sikap yang tidak memepengaruhi kesulitan belajar pada penelitian. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Fisika, Pemanasan Global

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up