JudulIDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA SMA LABSCHOOL UNTAD PALU DAN SISWA SMA NEGERI 2 SIGI PADA MATAPELAJARAN FISIKA DALAM MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: AFRA FATINAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Afra Fatinah, 2021 Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pada Matapelajaran Fisika Dalam Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Sahrul Saehana, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran fisika, Kesulitan belajar, Persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada matapelajaran fisika dalam masa pandemi covid-19, mengetahui perbedaan kesulitan belajar siswa dan persepsi siswa mengenai pembelajaran online. Penelitian ini dilakukan di SMA Labschool Untad Palu dan SMA Negeri 2 Sigi pada siswa kelas XI. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuatitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa baik itu di SMA Labschool Untad Palu ataupun di SMA Negeri 2 Sigi di kategorikan "sedang". Dari hasil penelitian mengenai perbedaan kesulitan belajar yang di alami siswa yaitu SMA Negeri 2 Sigi lebih banyak mengalami kesulitan bila dibandingkan dengan SMA Labschool Untad Palu. Adapun beberapa kesulitan-kesulitan yang dialami seperti siswa masih belum mahir dalam menggunakan alat elektronik dan aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran secara online dan jaringan internet yang lemah. Hasil angket dari persepsi siswa mengenai pembelajaran online dapat dilihat terdapat perbedaan persepsi siswa mengenai pembelajaran online yaitu siswa SMA Labschool Untad Palu memiliki persepsi netral terhadap pembelajaran online sedangkan siswa SMA Negeri 2 Sigi memiliki persepsi negatif. Siswa SMA Labschool Untad Palu memiliki persepsi netral terhadap kepuasan dalam pembelajaran online sedangkan siswa SMA Negeri 2 Sigi memiliki persepsi negatif. Tetapi untuk kecenderungan pada pelaksanaan pembelajaran secara online siswa SMA Labschool Untad Palu dan SMA Negeri 2 Sigi sama-sama memiliki persepsi negatif. |