JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP HUKUM OHM PADA SISWA SMA NEGERI 1 DONDO |
Nama: HERIADI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi virtual terhadap pengasaan konsep Hukum Ohm pada siswa SMA Negeri 1 Dondo. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan the none equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Dondo, berjumlah 50 Siswa, Teknik pengambilan kelas yang digunakan adalah purposive sampling dengan cara pemilihan kelas dengan pertimbangan tertentu yaitu kelas XII MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang jumlah masing-masing kelas 25 siswa. Jenis instrumen yang digunakan berupa tes penguasaan konsep berbentuk essay berjumlah 5 nomor. Hasil penguasaan konsep yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 81,7 lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata kelas kontrol yaitu 60,5. Uji hipotesis Uji U, diperoleh Zhitung = 5,24 dan Ztabel = 1,96 pada taraf nyata ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai Zhitung menolak H0 dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep materi Hukum Ohm siswa Sma Negeri 1 Dondo |