JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK EMPAT TINGKAT |
Nama: MOH. RIZKI WAHYUDI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Rizki Wahyudi, 2024. “Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Materi Listrik Dinamis Dengan Menggunakan Tes Diagnostik Empat Tingkat”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. I Komang Werdhiana, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikas miskonsepsi mahasiswa pada materi listrik dinamis dengan menggunakan tes diagnostik empat tingkat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif yang datanya berupa fakta-fakta yang ada. Responden pada penelitain ini diambil berdasarkan mahasiswa yang mengalami miskonsepsi tertinggi pada sub konsep 1 sampai dengan sub konsep 5 dengan jumlah masing-masing indikator 3 soal, sehingga total responden pada penelitian ini berjumlah 5 mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan mahasiswa yang terindentifikasi mengalami miskonsepsi sebesar 18% yang termasuk dalam kriteria rendah. Kata Kunci : Miskonsepsi, Listrik Dinamis, Tes Diagnostik Empat Tingkat |