Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PERUBAHAN KONSEPSI SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN PLOT KONSISTENSI
Nama: RASTINALDA TOMINI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Rastinalda Tomini, 2021. “Analisis Perubahan Konsepsi Siswa Pada Materi Termodinamika Menggunakan Plot Konsistensi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Drs. H. Kamaluddin, M.Si. Kata Kunci : Perubahan Konsepsi, Konsep, Termodinamika Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis perubahan konsepsi siswa pada materi termodinamika menggunakan plot konsistensi. Perubahan konsepsi merujuk pada kemampuan menjawab yang konsisten dan benar secara fisika maupun representasinya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Bambaira yang terdiri dari 20 siswa yang turut serta dalam tes perubahan konsepsi. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal esay materi termodinamika yang terdiri dari 3 soal, setiap konsep soal terdiri dari tiga bentuk representasi seperti verbal, gambar dan grafik. Soal tersebut digunakan untuk memilih responden yang berjumlah 6 siswa untuk diwawancarai. Kegiatan wawancara dilakukan untuk mempertegas pernyataan responden terhadap jawaban siswa dari tes perubahan konsepsi. Data diperoleh melalui lembar jawaban siswa dan rekaman hasil wawancara. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian perubahan konsistensi siswa menunjukkan bahwa sebanyak 4 siswa atau 20?rada pada kategori sangat konsisten, 7 siswa atau 35?rada pada kategori konsisten dan 9 siswa atau 45?rada pada kategori tidak konsisten, dari hasil inilah dapat disimpulkan bahwa siswa masih belum mampu memahami konsep dengan benar pada representasi yang berbeda.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up