JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING, AND SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BALAESANG |
Nama: SYAHRUL RAMADAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada tidaknya Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Reading, Mind Mapping, and Sharing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Balaesang. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dan desain penelitian adalah the equivalent pretest-postest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Balaesang dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 (n = 18 sebagai kelas kontrol) dan kelas XI IPA 2 (n = 18 sebagai kelas eksperimen ). Instrumen penelitian yang digunakan adalah mengambil instrumen (adopsi) dari penelitian sebelumnya dimana instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk pilihan ganda beralasan yang telah divalidasi ahli dan item. Skor rata-rata pada postest yaitu 14,56 untuk kelas eksperimen setelah diberikan perlakukan dan 9,50 pada kelas kontrol menerapkan model pembelajaran yang ada disekolah. Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh, bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reading, mind mapping, and sharing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Balaesang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh t_hitung> t_tabel atau 8,59 > 1,68. Hal ini berarti, nilai t_hitungberada di luar daerah penerimaan H_0. Dengan demikian, H_0 ditolak dan H_1 diterima., yang berarti ada pengaruh model pembelajaran reading, mind mapping, and sharing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Balaesang. |